Peralatan yang digunakan dalam instalasi networking dan pengertiannya

Peralatan yang digunakan dalam instalasi networking dan pengertiannya.

Komputer server

komputer server

Komputer server adalah komputer yang akan dijadikan sebagai induk dan bertindak melayani data dan manajemen komputer terhadap para client/user. Komputer ini harus memiliki kemampuan server lebih baik dan spesifikasi yang lebih tinggi disbanding dengan komputer client.

Server mengatur lalu lintas data dalam sebuah jaringan dan menyediakan resource sharing. Server melayani semua nodes, jika nodes membutuhksn. Server ada beberapa macam, yaitu printer server, file server, disk server, dan data base server. Server bisa bersifat dedicated, artinya server tidak bisa dipergunakan sebagai nodes untuk komunikasi, ada juga yang bersifat non-dedicated, yaitu selain berfungsi sebagai server juga dapat dipergunakan sebagai titik masuk untuk berkomunikasi di dalam jaringan.

Komputer client/user

komputer client

Komputer client/user adalah komputer-komputer yang bertindak sebagai pemakai data dari server. Atau dapat juga didefinisikan client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server.

Network card

Suatu hardware yang digunakan untuk menghubungkan antara komputer client dengan server atau sebuah kartu yang dipasang pada mainboard sebagai alat penghubung komputer dalam suatu jaringan.
Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifatfisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan dial-up adapter. Disebut juga sebagai network adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.

Switch 10/100 Mbps

Switch adalah alat yang digunakan untuk melakukan transfer data dari komputer server menuju komputer client dan sebaliknya. Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau router pada satu area yang terbatas, switch juga bekerja pada lapisan data link, carakerja switch hamper sama seperti bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi-port bridge.

Kabel UTP

Kabel UTP adalah jenis kabel untuk jaringan yang terdiri dari beberapa warna, di mana masing-masing warna digunakan sesuai dengan jalurnya. Kabael UTP sering juga disebut dengan kabel belden. Kabel LAN UTP adalah yang paling popular yang terdiri dari empat pasang kabel yang saling melilit dengan kode warna khusus yang standar dan diisolasi dengan plastic. Tingkat dari kabel UTP ini diindikasikan oleh banyaknya lilitan atau puntiran per inci, tingkat rendahnya atenuasi, kurangnya tingkat interferensi, dan gejala crosstalk.

Soket RJ-45

Soket RJ-45 adalah  suatu peralatan yang terbuat dari bahan plastic yang digunakan untuk menghubungkan kabel dengan hardware lain, misalnya Ethernet card, modem, dan lain-lain.

Hub

Memiliki fungsi yang sama dengan switch. Berguna untuk melakukan transfer data dari computer server ke computer client. Hub alat penghubung antarkomputer, semua jenis komunikasi hanya dilewatkan oleh hub. Hub digunakan untuk sebuah bentuk jaringan yang sederhana (missal hanya untuk menyambungkan beberapa computer di saatu grup IP local) ketika ada satu paket yang masuk ke satu port di hub, maka akan tersalin ke port lainnya di hub yang sama dan semua computer yang tersambung di hub yang sama dapat membaca paket tersebut.

Crimping tools

Crimping tools digunakan untuk mengelupas kabel dan menjepit kabel pada soket RJ 45.

Modem/router

Sebagai saarana untuk menghubungkan antara computer dengan line telepon yang terhubung dengan ISP. Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Peralatan yang digunakan dalam instalasi networking dan pengertiannya"

Post a Comment

Komentar atau tanggapan anda sangat berguna untuk menambah Semangat untuk berkarya dan saling berbagi di blog ini... :D